rumah

Pengertian Rumah dan Fungsinya yang Perlu Anda Ketahui

Rumah adalah pelindung bagi manusia dari badai, hujan, dan cuaca buruk lainnya. Memiliki rumah dan fungsinya yang banyak adalah kewajiban karena merupakan hak dasar dari setiap insan, yakni sandang, pangan, dan papan (hunian).

Dengan memiliki hunian sendiri (walau hanya tipe 36) maka memiliki rasa tentram sehingga tidak pusing harus berpindah-pindah kontrakan atau apartemen.

Apalagi bagi pengantin baru, rumah adalah prioritas, mumpung kebutuhan hidupnya belum terlalu besar, karena belum dibebani biaya SPP sekolah anak, dan lainnya.

Ada banyak perumahan atau cluster dengan tawaran cicilan menarik yang cocok bagi kantong sang pasangan manten baru. Tinggal pilih yang sesuai budget dan juga lokasi yang tidak akan terlalu jauh jika ditempuh ke kantor.

Sejarah Rumah, Begini Ceritanya

Mari kita tilik sebentar mengenai sejarah sebuah hunian alias rumah. Dahulu manusia purba baru mengenal gua sebagai rumah dan fungsinya untuk berlindung dari hujan, dan terutama dari binatang buas.

Gua manusia purba ditemukan di benua Afrika dan diperkirakan sudah ada sejak 55.000 tahun lalu. Akan tetapi tidak semua gua nyaman ditempati dan tidak tiap daerah punya gua untuk dihuni. Mereka pun jadi berpikir untuk membuat tempat berlindung lain.

Setelah berpindah dari gua, manusia pada zaman itu membuat rumah berbahan kayu. Bahan ini dirasa kuat dan mudah ditemukan di hutan, dan mereka bisa menebangnya karena bisa membuat kapak sendiri walau sederhana (dari batu yang dipipihkan).

Setelah rumah kayu maka manusia membuat rumah berbahan batu (di abad pertengahan). Baru setelah itu ada rumah berbahan bata yang modern dan kita tempati seperti sekarang ini.

Fungsi Rumah, Apa Saja?

Ada beberapa macam rumah dan fungsinya dan mari fokus ke bahasan tentang kegunaan rumah.

1.     Tempat Berlindung

Pertama, hunian adalah tempat berlindung sehingga para manusia di dalamnya tidak kena air hujan, tak kedinginan karena kencangnya angin, dan tak kena arus banjir yang mengerikan.

2.     Tempat Melepas Lelah dan Berkumpul

Kedua, rumah adalah tempat berkumpul pada sore dan malam hari untuk melepas lelah dan bercanda bersama seluruh anggota keluarga tercinta. Apalagi jika anak-anaknya sudah besar alias dewasa. Meski tidak lagi tinggal bersama sang ibu dan ayah (atau salah satunya ketika ada yang sudah berpulang duluan) tetapi wajib berkumpul di rumah inti alias rumah orang tua, terutama saat hari raya dan liburan.

3.     Investasi

Sedangkan yang ketiga, rumah dan fungsinya adalah sebagai investasi. Saat ini bisnis properti amat agresif dan harga rumah selalu naik tiap tahun. Jika Anda ingin menginvestasikan uang dalam bentuk rumah maka bisa dikontrakkan (karena sudah punya rumah lain yang dihuni) atau dijadikan toko dan tempat bisnis lain. Investasi rumah tidak akan pernah gagal karena banyak yang membutuhkannya dan jika dijual lagi untungnya cukup besar.

Macam-Macam Rumah dan Juga Harganya

Menurut luasnya maka rumah dan fungsinya terbagi menjadi beberapa kategori. Jika dilihat dari luasnya maka ada rumah sederhana dengan tipe 21 alias hanya 3×7 meter. Tipe rumah mungil ini biasanya untuk para manten baru. Lantas di atasnya ada tipe 36 yang sedikit lebih luas dan ada pula tipe 48, 72, 100, dst.

Makin besar ukuran hunian tersebut maka makin mahal harganya. Untuk rumah tipe sederhana saja sudah di atas 100 juta rupiah, tergantung dari daerahnya.

Selain itu ada juga rumah berdasarkan tipenya, yakni rumah tapak atau rumah yang berada di suatu gedung alias apartemen dan mansion. Saat ini para millenials lebih suka tinggal di apartemen karena harganya lumayan terjangkau, bisa sewa bulanan, dan dekat dengan kantornya.

Selain itu fasilitasnya juga lengkap, di bagian bawahnya ada supermarket dan berbagai toko sehingga tidak usah jauh-jauh ke pasar untuk berbelanja.

Akan tetapi ada juga yang masih suka rumah tapak alias yang konvensional. Rumah yang didirikan di atas tanah cocok bagi mereka yang sudah punya anak. Pertama, dari segi keamanan, dan kedua dari segi luasnya lebih nyaman untuk dihuni.

Ada berbagai tipe rumah dan fungsinya, mulai dari tipe rumah tapak, apartemen, dll. Fungsi rumah yang utama tentu sebagai pelindung dan hunian yang nyaman bagi seluruh anggota keluarga. Memiliki rumah amat penting oleh karena itu sedari muda wajib menabung atau mencicil agar punya hunian sendiri.